Rabu, 04 April 2012

Program Perusak pada Komputer


Secara garis besar program yang umumnya merusak atau mengganggu sistem komputer dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.        Bug
Bug merupakan kesalahan-kesalahan yang terdapat pada suatu program aplikasi yang terjadi secara tidak disengaja. Hal ini umumnya dikarenakan kecerobohan dari pihak programer pada waktu menulis program tersebut. Bug ini mempunyai dampak yang bermacam-macam seperti komputer menjadi hang atau bahkan bisa merusak media penyimpanan pada sistem komputer kita.
2.       Chameleons
Chameleons sesuai dengan namanya merupakan program yang diselundupkan atau disisipkan ke dalam suatu sistem komputer dan berfungsi untuk mencuri data dari sistem komputer yang bersangkutan. Program ini tidak merusak peralatan pada sistem komputer yang dijangkitnya, targetnya ialah mendapatkan data dan kadang kala berusaha untuk melakukan pengubahan pada data tersebut.
3.       Logic Bomb
Bomb akan ditempatkan atau dikirimkan secara diam-diam pada suatu sistem komputer yang menjadi target dan akan meledak bila pemicunya diaktifkan. Berdasarkan pemicu yang digunakan, logic bomb dapat digolongkan menjadi tiga, yaltu software bomb, logic bomb, dan time bomb. Software bomb akan meledak jika dipicu oleh suatu software tertentu, logic bomb akan meledak jika memenuhi suatu kondisi tertentu, sedangkan time bomb akan meledak pada waktu yang telah ditentukan.
4.      Trojan Horse
Prinsip kerja dari trojan horse mirip seperti chameleons, bedanya trojan home akan melakukan sabotase dan perusakan terhadap sistem komputer yang dijangkitinya.
5.       Virus
Pada awalnya virus komputer merupakan suatu program yang dibuat hanya untuk menampilkan Hama samaran serta beberapa baris kata dan pembuatnya, dan sama sekali tidak membahayakan komputer. Tetapi pada perkembangan selanjutnya, pembuat virus komputer mulai menggabungkan beberapa karakteristik dan beberapa program pengganggu dan perusak lainnya dan mulailah bermunculan banyak virus yang dibuat dengan tujuan merusak suatu sistem komputer.
6.      Worm
Worm merupakan suatu program pengganggu yang dapat memperbanyak diri dan akan selalu berusaha menyebarkan diri dari satu komputer ke komputer yang lain dalam suatu jaringan. Worm menjadikan ukuran suatu file menjadi membengkak dan bahkan dapat menguras kapasitas media penyimpanan.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.