Minggu, 06 November 2011

Jenis-jenis Idealisme

Di dalam sebuah filsafat, kita sering mendegar dengan Idealisme, diposting ini saya akan menjelaskan Jenis-Jenis dari Idealisme. berikut jenis-jenis idealisme :
    1.   Idealisme Subjektif
Barteli seorang ilmu idealisme menyatakan bahwa akan jiwa dan persepsinya merupaka segala yang ada tetapi hanya ada dalam akal yang mempersepsikannya.
    2.   Idelaisme Objektif
          Plato seorang filosofis idealis yang pertama membagi dunia dalam dua bagian, Pertama dunia persepsi, dunia penglihatan, suara dan benda-benda individual. Dunia yang konkrit ini adalah temporal dan rusak, bukan dunia yang sesungguhnya. Kedua, terdapat alam di atas alam benda yaitu alam konsep dan ide, itulah esensi dunia atau dunia yang abadi.
    3.   Idealisme Personal
harold Haticus seorang personil menyatakan bahwa realitas dasar itu bukanlah pemikiran yangabstrak atau proses pemikiran khusus. Akan tetapi, seseorang suatu jiwa atau seorang pemikir.
    4.   Kritisme
Paham ini memulai penyelidikannyaterhadap batas-batas kemampuan rasio sebagai sumber pengetahuanmanusia. Isi utama dari kritisme adalah gagasan immanuel Kant tentang pengetahuan Etika dan Estetika.
  • Etika merupakan penyelidikan filsafat mengenai tingkah laku manusia di lihat dari baik buruknya tingkah laku tersebut. seperti ketentuan, kewajiban, larangan, hak, dan norma.
  • Estetika, Plato : Keindahan adalah realitas yang sebenarnya tidak berubah tiap-tiap objek yang indah memiliki keindahan yang menyertai objek itu. Platinus : Keindahan itu merupakan pancaran akal, ia menyatakan dirinya pada atau dalam realitas penuh, maka itulah keindahan
   5.   Pragmatisme merupakan paham yang mengajarkan bahwa yang benar adalah yang membuktikan sebagai benar dengan akibat-akibatnya yang bermanfaat secara praktis. Pengalaman pribadi kebenaran mistis semua diterima sebagai kebenaran dan dasar tindakan asalkan membawa akibat yang bermanfaat bagi hidup praktis manusi
   6.   Realisme adalah teori ini memiliki realistis terhadap alam, segala sesuatu adalah benar bila sesuai dengan kenyataan dan tidak terpengaruh oleh sesuatu.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.