Sabtu, 05 November 2011

Beberapa tips merawat Laptop/Notebook

sudah banyak orang yang menggunakan laptop/notebook saat ini, yaah hampir semuanya, tapi banyak pengguna yang  menggunakan laptop/naotebook nya kurang sadar akan perawatan laptop/notebook yang mereka pakai. dari sebagian pengguna banyak yang tidak tahu cara merawat laptop/nootebook ataupun mereka cuek saja. oleh karena itu di posting kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana cara merawat laptop/notebook anda. berikut tips merawat laptop/notebook :
1. Jangan menggunakan pelindung pada keyboard anda : kalau menutup keyboard dengan pelindung karet sama dengan menutup sirkulasi udara dalam laptop itu sendiri - meskipun pengaruhnya kecil. Karena udara panas tidak bisa lagi keluar melalui sela-sela keyboard, sehingga motherboard laptop seringkali menjadi cepat panas dan akhirnya rusak.
2. Jangan membersihkan laptop/notebook anda dengan kain yang kasar, gunakan pembersih atau tissue yang halus dan lembut. karena kalau menggunakan kain yang kasar akan membuat laptop/notebook anda cepat tergores, sedikit tergores saja akan kelihatan tidak bagus.
3. Jangan menyimpan laptop/notebook di atas kasur karena itu akan membuat laptop/notebook anda cepat panas : Jangan bekerja dengan notebook dalam keadaan tertutup barang lain seperti buku atau di dalam tas penyimpanan karena akan mengganggu sirkulasi udara yang menyebabkan system Heating
4. Baterai.
- Jangan sampai anda tidak pernah menggunakan baterai sama sekali. Setidak-tidaknya setiap minggu, ajak laptop anda bekerja dengan daya baterai sehingga sel-sel di dalam tetap bekerja secara rutin.
- Apabila anda tidak bekerja dgn notebook lebih dari dua minggu, sebaiknya anda melepaskan baterai dari bodi/tempatnya dan menyimpannya didalam temperature kamar (25derajat C) dan jgn pernah menyimpan baterai pada temperature udara yg panas.
- Jangan sampai baterai di recharge secara terus menerus jika sudah dalam keadaan 100%. Karena bisa merusak sel sel didalam baterai. Jika anda tidak terlalu meperhatikan keadaan baterainya, sebaiknya Anda melepaskan baterai dari bodi/tempat notebooknya
5. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas
Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop. Hati-hati juga memilih tas laptop, kalau bisa jangan yang murahan.
6. Jangan letakkan laptop di lantai
Risiko laptop terinjak kaki orang, mungkin anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu, apalagi jika lantainya jarang disapu.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.