Senin, 27 Mei 2013

ANALISIS DAN PERANCANGAN PROYEK KOMPUTERISASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN PROYEK KOMPUTERISASI 1. Pengantar Analisis dan Perancangan Teknologi di bidang software saat ini lebih menjanjikan dibandingkan teknologi hardware. Menurut data dari Software Engineering A Programming 2nd Edition (Dougbell, 1992) bahwa dari tahun 1980 sampai sekarang software memiliki relatif biaya yang terus meningkat dibandingkan dengan hardware yang justru semakin menurun. Selain itu dalam kurun waktu 5 tahun tingkat kegagalan hardware sangat besar. Jadi ketika sebuah produk hardware dikeluarkan saat ini maka lima tahun kedepan hardware tersebut sudah usang. Lain hal dengan software, yang dalam kurun waktu 5 tahun dapat terjaga kemampuannya asalkan memenuhi kriteria. Namun di sisi lain, tingkat keberhasilan software patut diperhatikan. Dari data yang diperoleh ternyata kecenderungan perangkat lunak memiliki tingkat keberhasilan sebagai berikut: • Perangkat lunak dapat digunakan dengan baik menempati posisi terendah, artinya perangkat lunak yang langsung dapat digunakan dengan baik oleh pengguna hanya sedikit. • Perangkat lunak dapat digunakan setelah dilakukan perubahan menempati posisi kedua terendah, artinya perangkat lunak lumayan dapat digunakan setelah dilakukan perubahan oleh pembuat. • Perangkat lunak digunakan dengan dikerjakan ulang atau selanjutnya dibatalkan menempati posisi tengah, artinya lumayan banyak perangkat lunak yang dapat digunakan namun setelah itu dikerjakan ulang atau justru dibatalkan oleh user. • Perangkat lunak dibiayai namun tidak pernah dikirim menempati posisi kedua teratas, artinya banyak orang yang memesan perangkat lunak dan sudah membayarnya namun tidak kunjung mendapatkan perangkat lunak yang dipesan tersebut. • Perangkat lunak dikirim, namun tidak pernah berhasil digunakan menempati posisi teratas, artinya kebanyakan perangkat lunak tidak berjalan sesuai yang diharapkan oleh user. 2. Sistem Life Cycle System Life Cycle (SLC) adalah proses evolusi yang diikuti oleh pelaksanaan sistem informasi dasar-dasar atau subsistem. Ini biasanya digunakan untuk mengembangkan sebuah sistem yang besar. Telah ada pendekatan implementasi tradisional sepanjang era komputer, dan ada perjanjian umum antara ahli-ahli komputer sehubungan dengan tugas-tugas yang dilaksanakan. Beberapa SLC (System Life Cycle) terdapat dalam perusahaan yang menggunakan komputer, mungkin ada seratus atau lebih. Pada kenyataannya SLC (System Life Cycle) adalah sarana yang digunakan oleh manajemen untuk melaksanakan rencana strategis. Konsep life cycle menjadikan segala sesuatu yang tumbuh, menjadi dewasa setiap waktu dan akhirnya mati. Pola ini digunakan untuk sistem dasar komputer seperti subsistem pemrosesan data atau SSD. 3. Fase Perencanaan Fase ini dimulai dengan mendefinisikan masalah dan dilanjutkan dengan sistem penunjukan objektif dan paksaan. Di sini sistem analis memimpin studi yang mungkin terjadi dan mengemukakan pelaksanaannya pada manajer. 4. Fase Analisis Fase ini mempunyai tugas penting yaitu menunjukkan kebutuhan pemakai informasi dan menentukan tingkat penampilan sistem yang diperlukan untuk memuaskan kebutuhan tersebut. Fase ini meliputi penetapan jangkauan proyek, mengenal resiko, mengatur rangkaian tugas, dan menyediakan dasar untuk kontrol. 5. Fase Desain Fase Desain ini meliputi penentuan pemrosesan dan data yang dibutuhkan oleh sistem yang baru, dan pemilihan konfigurasi terbaik dari hardware yang menyediakan desain. Desain system adalah ketentuan mengenal proses dan data yang dibutuhkan oleh sistem yang baru. 6. Fase Pelaksanaan Fase ini melibatkan beberapa spesialis informasi tambahan yang mengubah desain dari bentuk kertas menjadi satu dalam hardware, software, dan data. Pelaksanaan adalah penambahan dan penggabungan antara sumber-sumber secara fisik dan konseptual yang menghasilkan pekerjaan sistem. 7. Fase Pemakaian Selama fase penggunaan, audit memimpin pelaksanaannya untuk menjamin bahwa sistem benar-benar dikerjakan, dan pemeliharaannya pun dilakukan sehingga sistem dapat menyediakan kebutuhan yang diinginkan.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.