Senin, 04 Juni 2012

profil, bentuk dan arsitektur datawarehouse

Buat ulasan singkat mulai dari profil perusahaan, bentuk dan arsitektur data warehouse yang digunakan serta sumber referensinya.
 
PROFIL BADAN PUSAT SATISTIK
Badan Pusat Statistik atau yang biasa disingkat BPS adalah sebuah badan yang bertugas untuk mengolah dan mempublikasikan data Statistik. Tugas utama dari Badan Pusat Statistik ini adalah mengadakan Sensus Penduduk. Badan Pusat Statistik (BPS) dibentuk pada tiap kantor gubernur(Propinsi), kabupaten/kota dan kecamatan. Badan Pusat Statistik Provinsi Bali berlokasi di Jl Raya Puputan Renon, Denpasar


ANALISA BENTUK dan ARSITEKTUR DATA WAREHOUSE BPS
Arsitektur data warehouse adalah bagaimana data warehouse dibangun, dimana arsitektur yang dibangun tergantung pada situasi dan kondisi. Arsitektur data warehouse berpengengaruh pada penggunaan dan pemeliharaan
  •         Karakteristik Data Warehouse yang digunakan adalah Subject Oriented (Berorientasi Obyek) dan Time Variant. Subyek Oriented untuk menganalisa subyeknya dimana data warehouse diorganisasikan pada subyek utama. Time Variant berarti data warehouse di urut berdasarkan periode waktu (hari, minggu, bulan, tahun, dll)
  •        Cara yang digunakan untuk membangun data warehouse adalah Bottom Up dimana data mart dikumpulkan kemudian disatukan menjadi data warehouse.
  •        Arsitektur Data Warehouse yang digunakan adalah Functional Data Warehouse (Data Warehouse Fungsional). Data warehouse dibuat lebih dari satu dan dikelompokkan berdasar fungsi-fungsi yang ada di dalam Badan Pusat Statistik. Keuntungan dari bentuk data warehouse seperti ini adalah, sistem mudah dibangun dengan biaya relatif murah sedangkan kerugiannya adalah resiko kehilangan konsistensi data dan terbatasnya kemampuan dalam pengumpulan data bagi pengguna.

Sumber : http://aqsukapizza.blogspot.com/2011/03/analisa-data-warehouse-pada-badan-pusat.html
 

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.