Latar Belakang Perusahaan dan Iso-nya
1. Latar Belakang PT. Multi Kontrol Nusantara
1. Latar Belakang PT. Multi Kontrol Nusantara
Di dalam menjalankan
kegiatan usahanya, Perusahaan menerapkan transparansi dan system control terpadu
sebagai bagian dari penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate
Governance). Perbaikan dan pengembangan business process terus dilakukan untuk
meningkatkan kinerja perusahaan dan juga dalam rangka peningkatan layanan ke
pelanggan. Pada tahun 2010 perusahaan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008
untuk Sistem Management Mutu dan OHSAS 18001:2007 untuk Sistem Kesehatan dan
Keselamatan Kerja. dari badan sertifikasi internasional GmbH.
Sertifikat
resmi ISO 9001 dan OHSAS 18001 untuk PT. Multi Kontrol Nusantara
2.
Latar Belakang TNT
TNT
menyediakan berbagai layanan untuk pengiriman dokumen dan paket secara ekpress
bagi pelanggan perorangan maupun korporasi di seluruh dunia. Berkantor pusat di
Belanda, TNT didukung jaringan infrastruktur yang efisien di kawasan Eropa dan
Asia, serta mengembangkan operasinya ke seluruh penjuru dunia dengan
memanfaatkan jaringan yang dimilikinya. TNT melayani pelanggan di lebih dari
200 negara dan mempekerjakan sekitar 163.000 karyawan. TNT membukukan
pendapatan €11,1 miliar dan pendapatan operasional sebesar €982 juta. TNT
terdaftar di bursa saham Amsterdam. TNT menyadari tanggung jawab sosial yang
diembannya; dan telah menjalin kerja sama dengan United Nations World Food Programme (UN-WFP) dan United Nations Environmental Programme
(UN-EP) untuk memerangi kelaparan dunia dan polusi lingkungan. Usaha TNT telah
mendapatkan pengakuan; di tahun 2008 TNT kembali memperoleh skor tertinggi dari
seluruh perusahaan yang termasuk dalam Dow
Jones Sustainability Index dan Carbon
Disclosure Project untuk intensitas karbon.
TNT, Perusahaan Ekspres Pertama yang Memperoleh Sertifikasi ISO 28000
Sertifikasi
ISO 28000 TNT diberikan oleh TUV Rheinland.
3.
Latar Belakang PT.Eka Sari Lorena
Pada
tahun 1970, Lorena Transport didirikan oleh Bpk. G.T. Soerbakti dan mulai
menjalankan bisnis jasa transportasi jarak pendek dengan mengandalkan 2 unit
bus Mercedes Benz yang melayani rute antar kota, yaitu Bogor - Jakarta PP.
Kemudian pada tahun 1984, trayek jarak jauh mulai dibuka yaitu Jakarta -
Surabaya PP, dilanjutkan dengan kota-kota lain di Pulau Jawa, Madura, Bali dan
Sumatera. Saat ini LORENA-KARINA telah memiliki lebih dari 500 unit bus yang
keseluruhannya menggunakan produk Mercedes Benz guna melayani lebih dari 60
Kota di Indonesia.
Lorena
Group pada tahun 1989 mengembangkan usahanya dengan mendirikan PT. Ryanta Mitra
Karina yang biasa disebut "KARINA" yang juga bergerak di bidang jasa
angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) yang melayani trayek
Jakarta, Surabaya, Malang, Madura dan Denpasar.
Pada Tahun 2003
PT. Eka Sari Lorena Transport berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000,
dimana LORENA Transport merupakan perusahaan transportasi darat pertama di
Indonesia yang memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000. Hal ini menunjukkan
komitmen LORENA untuk memberikan kualitas jasa terbaik dan sesuai standar mutu
yang dipersyaratkan. Penerapan sistem yang berbasis ISO 9001:2000 adalah upaya
untuk menstandarkan seluruh proses kerja dan secara langsung akan terkait
dengan standarisasi mutu jasa yang dihasilkan sehingga memunculkan Budaya Mutu
dalam Perusahaan.
PT.
Eka Sari Lorena Transport berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000
4.
Latar
Belakang PT. Pipa Mas Putih
PT.
Pipa Mas Putih yang dikenal dengan nama PIPAMAS, pabriknya berlokasi dijalan
Tenggiri No. 1 Kawasan Industri Batu Ampar, Kota Batam, sedangkan kantor
pusatnya dijalan Kramat Asem No. 1 Jakarta dan mempunyai fasilitas Repair Shop
di jalan Duri-DumaiKM 4.5 Duri, Riau adalah Perusahaan Manufaktur yang memproduksi
pipa saringan (ScreenJacket) dan Penguliran Pipa-pipa (Casing dan Tubing) yang
digunakan untuk perlengkapanpengeboran minyak dan gas alam, air sumur dan
industri pertambangan lainnya, baik untukkebutuhan dalam negeri maupun luar
negeri. Pelanggan Pipamas sebagian besar adalah perusahaan pertambangan minyak
dan gasalam Indonesia yang disebut Indonesian Oil Company yang investornya
sebagian besar dariluar negeri termasuk Pertamina dan BP Migas. PT. Pipa Mas
Putih senantiasa melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya dengancara memenuhi
persyaratan yang ditentukan pelanggan, selain itu juga dapat mensuplay
produkyang bermutu tinggi sesuai kebutuhan pelanggan yang sesuai dengan system
manajemen mutuberstandar Internasional seperti standar International Organization
for Standardization (ISO9001:2008) dan American Petroleum Institute (API Spec
5CT).
Penerapan
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 dan API Spec Q1di PT. Pipa Mas Putih Sebagai
Bagian Business Rules Perusahaan
0 komentar:
Posting Komentar